oleh Hari Rahmadi

Paparan materi study banding UKS

Sekolah UKS Tingkat Nasional dari metro menjadi tuan rumah dalam kegiatan study banding Tim Pembina UKS Kabupaten Belitung(11,11).  Adapun sekolah yang menjadi tujuan dari study banding ini, yaitu UPTD SMP Negeri 4 Metro dan TK Pembina Metro Pusat. Study banding ini bertujuan untuk mengali berbagai kiat sukses dari UPTD SMP Negeri 4 Metro yang meraih juara UKS Nasional di tahun 2018 dan TK Pembina yang meraih UKS Nasional di tahun 2020.

Study banding Pembina UKS Kabupaten Belitung di UPTD SMP Negeri 4 Metro dihadiri oleh 20 peserta dari Kabupaten Belitung, yang terdiri dari jajaran Tim Kesekretariatan  daerah(KESRA), Kepala Dinas Pendidikan berserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan berserta jajaranya, Kepala dinas Lingkungan Hidup dan jajarannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan jajaran  serta Kepala Sekolah SD dan SMP.

Kedatangan TIM Pembina UKS dari Pemkab Belitung disambut dengan seksama oleh kepala Sekolah Guru dan siswa dari SMP Negeri 4 Metro. Iringan lagu selamat datang mengiringi perjalan para tamu dari sumatera ini sembari menuju meeting room. Tamu istimewa ini menyaksikan parparan presentasi dari Kepala UPTD mengenai  kiat sukses SMP negeri 4 Metro dalam meraih prestasi yang membanggakan yaitu UKS Tingkat Nasional. Para hadirin disajikan berbagai olahan pangan herbal yang menjadi ciri khas sekolah UKS deperti dendeng daun singkong, permen jahe, serta minuman jahe hangat. Setelah menyaksikan paparan presentasi para tamu berkeling ke pokja-pokja UKS di SMP Negeri 4 Metro. Pokja-pokja tersebut antara lain pokja UKS, pokja tanaman obat, pokja bank sampah,  perpustakaan  , green house, serta pokja pangan.