oleh Hari Rahmadi

Guru- guru di UPTD SMP Negeri 4 Metro, sangat gemar meneliti dan membuat jurnal. Motivasi yang terus ingin memajukan Pendidikan tersebut disambut hangat oleh Bapak Sunanto, S.Pd.,M.Pd. Selaku kepala sekolah di Sekolah UKS tingkat Nasional ini. Menindak lanjuti kegemaran guru untuk meneliti dan menerbitkan jurnal yang terindeks, Bapak Sunanto S.Pd., M.pd. mengajak guru-guru di sekolah mengikuti pelatihan “Pendampingan Punulisan Karya Ilmiah dan Pemanfaatan Online Library bagi Guru di Kota Metro”.

Jumat (05,11), UPTD SMP Negeri 4 Metro mengadakan pelatihan “Pendampingan Punulisan Karya Ilmiah dan Pemanfaatan Online Library bagi Guru di Kota Metro”. Pelatihan ini dilakukan di Aula Meeting Room UPTD SMP Negeri 4 Metro dan diikuti oleh 50 guru di UPTD SMP Negeri 4 Metro. Praktik baik ini merupakan kerja  sama antara SMPN 4 Metro dengan IAIN Metro. Pelatihan yang berlangsung selama 3 jam ini di mentori oleh Bapak Suhono, M.Pd. dan Ibu Yeasy Agustina Sari, M.Pd. . Bapak Suhono memberikan materi “ Sistematika Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah dan Tips Publikasi di Jurnal Terakreditasi, Sedangkan Ibu Yeassy memaparkan materi “Pemanfaatan Online Library sebagai Sumber Referensi”.

Adapun tujuan pelatihan ini agar guru-guru dapat mengembangkan kempetensi di bidang penelitian Pendidikan, inovasi Pendidikan , dan juga penulisan karya ilmiah. Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah agar guru-guru dapat mengirimkan karyanya berupa jurnal ilmiah ke berbagai penerbit jurnal yang terindek.