Pelepasan siswa merupakan hal yang istimewa karena semuanya berkumpul untuk memulyakan satu kemenangan sekaligus perpisahan.  

Pelepasan yang terjadi bertujuan agar dapat menggapai pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang cemerlang. Tidak ada kata yang dapat diungkapkan saat pelepasan, namun dalam hati berkecamuk. Sedih karena pasti akan ada jarak namun bahagia karena akan menapak ke jenjang yang lebih tinggi.

Pelepasan siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 4 Metro yang di selenggarakan di halaman sekolah. Pembukaan acara diiringi oleh gamelan persembahan siswa siswi SMP Negeri 4 Metro dengan asuhan bapak Sri Murdoko.

Bapak Sunanto, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah memberikan sambutan serta pesan dengan balutan pantun yang indah yang ditujukan untuk siswa siswi Kelas IX SMP Negeri 4 Metro . Drs Hargunawan, M.M, selaku pengawas pembina memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya acara.

Selain pelepasan siswa siswi kelas IX. SMP Negeri 4 Metro juga memberikan tanda kasih kepada Ibu Sri Endang Supriyatun, M.Pd yang telah berpindah tugas meningkatkan karirnya.

Pelepasan yang digagas oleh siswa dan untuk siswa dengan bimbingan Bapak Samsul Efendi, S.T selaku Wakil Kesiswaan berlangsung dengan tertib dan lancar. Selamat dan sukses buat Generasi Emas Nepatro. Raihlah cita- citamu setinggi langit. Salam dan doa kami guru Nepatro untuk keberhasilan kalian.