Pelajar Pancasila adalah bentuk generasi emas sebagai pelajar sepanjang hayat. Yang memiliki kompetensi menyeluruh dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, mandiri, kreatif, bergotong royong dan bernalar kritis.

Gelar Karya Projek Pelajar Pancasila yang digelar di SMP Negeri 4 Metro Sabtu 18 Juni 2022 merupakan hasil panen dari kegiatan pembelajaran selama enam semester genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Banyak karya yang dipertunjukkan pada kegiatan ini misalkan pada Pokja ketrampilan memamerkan hasil karya siwa kain jumputan. Sedangkan pada pokja pangan menjual hasil makanan menngunakan bahan dasar bunga telang dan daun singkong. Pada pokja literasi memamerkan antologi hasil karya literasi siswa setiap kelas. Pokja keagamaan memamerkan hasil kaligrafi asmaul husna buatan siswa.

Pada kegiatan projek kewirausahaan, siswa menggunakan limbah rumah tangga yaitu koran dan plastik bekas. Tema kewirausahaan diusung agar siswa dapat mengaplikasikan kegiatan ekonami dalam kehidupan sehari hari. Mulai dari merancang hasil karya, memprediksi alat dan bahan yang diperlukan hingga menjual sampai menghitung keuntungan yang diperoleh.

Untuk mengapresiasi hasil karya siswa diadakan gelar karya dan marketing day. Namun yang di jual bukan hanya hasil karya dari koran dan plastik bekas tetapi jajanan hasil karya siswa.

Produk jajanan yang di jual bermacam macam ada , nasi bakar, nasi uduk bakwan, pempek serta kwitiau. Dan setiap stand minimal satu jenis makanan menggunakan bahan dasar bunga telang, Ternyata kreatifitas siswa luar biasa dalam berinovasi membuat jajanan yang di jual.

Pojok literasi