Oleh Hari rahmadi

Pada Senin 13 desember 2021, UPTD SMP Negeri 4 Metro mengadakan Fokus grup discussion (FGD) mengenai penilaian hasil belajar siswa. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 guru dari sekolah UKS tingkat  Nasional ini. FGD yang dilakukan merupakan diskusi mengenai penilaian pada peserta didik, penenatapan KKM untuk kurikulum 2013 dan pengenalan aplikasi e-rapor untuk sekolah pengerak.

Ada 2 materi yang disampaikan. Pemateri pertama disampaikan oleh Ibu Sri endang Supriyatun yang menyampaikan tentang penilaian yang sesuai kerikulum yang berlaku. SMP Negeri 4 Kota Metro saat ini menggunakan 2 kurikulum yaitu kurikulum 2013 untuk siswa pada jenjang kelas 8 dan 9 serta Kurikulum Paradigma baru untuk jenjang kelas 7. Pemateri kedua disampaikan oleh bapak Samsul Efendi, S.Kom. Bapak Samsul memberikan penjelasan mengenai aplikasi e-rapor sekolah pengerak dan tutorial mengisi penilaian pada platform e-rapor tersebut.

FGD ini sangat membantu, dengan mengikuti FGD saya dapat melakukan refleksi terhadap penilaian yang saya lakukan selama satu semester ini. Tutorial atau cara mengisi e-rapor juga sangat penting buat saya agar saya dapat megisi penilaian secara mandiri, Ujar Heni, Guru SMP Negeri 4 Kota Metro