oleh Hari Rahmadi

UPTD SMP Negeri 4 Metro meraih Juara 1 pada perlombahan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasional pada tahun 2018. Prestasi yang luar biasa tersebut diraih dengan program-program Inovasi UKS yang menarik  dari Sekolah berintegritas ini. Program Inovasi UKS di Sekolah Ramah Anak ini sangat unik dan kreatif sehingga membuat para dewan juri terkesan.  Berikut ini Kiat-kiat  program inovasi UKS di UPTD SMP Negeri 4 Metro.

1. Program Magang Peserta didik di PUSKESMAS

Program magang peserta didik di PUKESMAS

UPTD SMP Negeri 4 Kota Metro menjalin MOU atau kerja sama dengan PUKESMAS Iringmulyo. Peserta didik melakukan kunjungan dan mendampingi dokter. Mereka mempelajari mencari tau penyakit-penyakit ringan yang sering dialami masyarakat sekitar. Peserta didik belajar mengenai hubungan faktor lingkungan dengan penyakit ringan yang dialami pasien dan cara mencegah serta mengobati penyakit tersebut.

2. Kunjungan rutin dokter dan petugas PUKESMAS ke UPTD SMP Negeri 4 Metro

Setiap dua pekan sekali , dokter akan  berkunjung ke ruang UKS UPTD SMP Negeri 4 Metro. Peserta  didik belajar mengenai pola hidup sehat, Siklus Menstruasi, mengukur berat dan tinggi badan serta pencegahan pertama pada kecelakaan.

3. Praktik baik budidaya tanaman obat

Setelah mendapat informasi dari dokter mengenai penyakit ringan yang sering dialami masyarakat sekitar. Peserta didik belajar untuk menanam dan memelihara tanaman obat disekolah. program ini bertujuan agar peserta didik mengenal berbagai macam jenis tanaman obat, cara menanam, memeliharanyadan kegunaan tanaman obat, serta meraciknya menjadi obat herbal. Contohnya tanaman obat yang ditanam yaitu jahe. Jahe dapat digunakan untuk memperlancar pernafasan, obat masuk angin, meredakan migrain, obat batuk dan juga obat kecantikan.

4. Praktik baik meracik obat herbal

Hasil budidaya tanaman obat akan dikolompokan, kemudian disimpan dan dijaga kualitasnya. Pada saat dibutuhkan Peserta didik bersama guru pendamping akan meracik obat herbaal di laboratorium sekolah.

Pertama peserta didik harus mencari referensi kandungan gizi, manfaat dan cara meracik obat herbal. Contohnya tanaman obat yang digunakan adalah Temulawak. Temulawak mengandung :

  • Sebanyak 79,96% karbohidrat.
  • 0,80% serat.
  • 1,52% protein.
  • 1,35% lemak.
  • 15 mg/Kg kurkumin.
  • 11,45 mg/Kg kalium.
  • 19,07 mg/Kg kalsium.

Temulawak  seringkali dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan, meredakan mual, pusing, dan gejala pilek. Adapun cara membuat ramuan temulawak sangatlah mudah. tumbuk temulawak dan seduh dengan asam dan gula aren. Biarkan mendidih sampai hanya tersisa setengah air. maka racikan obat herbal temulawak siap untuk dikonsumsi.

5. Produk makanan herbal

Peserta didik membuat makanan dari hasil budidaya tanaman obat

Produk makanan herbal dari UPTD SMP Negeri 4 Metro sudah terstandarisasi dan teruji layak untuk dikonsumsi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Contoh produk pangan herbal dari sekolah UKS tingkat Nasional ini antara lain :

A. Permen jahe sereh

Produk pangan Nepatro : permen jahe sereh

permen dengan Penambahan bahan rempah serai dan jahe. Jahe sebagai bahan utama mengandung berbagai jenis nutrisi seperti magnesium, tembaga, vitamin C, mangan, kalium, dan berbagai jenis nutrisi lain. Jahe juga mengandung berbagai jenis bahan antioksidan alami yang bisa membuat badan menjadi lebih segar.

Manfaat permen jahe antara lain Mengatasi Mual, Mengobati Peradangan, Membantu Mengatasi Batuk dan Flu, Membantu Menurunkan Kolesterol, Membantu Menurunkan Nyeri Haid, Membantu Mengatasi Asma dan masih banyak lagi.

B. Dendeng daun singkong

Produk pangan Nepatro : dendeng daun singkong

Dendeng daun singkong merupakan resep dendeng yang berbahan dasar sayuran, yakni sayur daun singkong. Dendeng Daun Singkong ini cocok untuk orang yang tidak memakan daging-dagingan atau disebut juga vegetarian. Meskipun terbuat dari sayuran, namun rasanya tak jauh nikmat dengan dendeng berbahan dasar daging. Bahkan menurut beberapa orang, dendeng ini terasa seperti terbuat dari paru. Teksturnya yang renyah pun cocok untuk dijadikan camilan.

Dendeng daun singkong ini tak kalah nilai gizinya daripada dendeng daging. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada daun singkong dapat membuat tubuh lebih sehat dan stamina tetap terjaga,dapat menurunkan berat badan secara alami, menambah Nafsu Makandan membantu regenerasi sel

6. Program kunjungan desa oleh Kader UKS

Kader UKS UPTD SMP Negeri 4 Metro

Program ini merupakan kerja sama UPTD SMP Negeri 4 Kota Metro dengan Pemerintah Kota (PEMKOT) Metro untuk meciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kader UKS merupakan peserta didik SMP Negeri 4 Kota Metro yang telah dibekali ilmu praktik baik dalam menjalakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS). Kader UKS ini akan mendatangi desa-desa di berbagai kelurahan di kota Metro. KADER UKS akan mencari berbagai permasalahan yang ada lalu mengajak masyarakat Bersama-sama memberikan solusi dan menerapkan pola hidup sehat. Contoh permasalahahnya antara lain Pemberantasan Jentik nyamuk, Genangan air, Sanitasi yang tidak lancer, Tempat Pembuang Akhir (TPA) yang tidak terurus, Serta pembrantasan penyakit ringan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat tersebut. Berdasarkan Kerjasama dengan PEMKOT Metro, Program ini akan segera direalisasikan setelah new normal.