oleh Hari Rahmadi

SMP Negeri 4 Metro merupakan satu-satunya sekolah Negeri yang berstatus Sekolah Pengerak di kota Metro, Lampung. Sebagai Sekolah Pengerak SMP Negeri 4 Kota Metro mendapatkan tambahan kouta siswa yang akan mengikuti ANBK di tahun 2021. Jumlah peserta ANBK Terkonfirmasi sebelumnya adalah 50 Peserta dari anak-anak didik kelas 8 yang dipilih langsung berbasis sistem Aplikasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) . Pada Kamis (30/9) lewat operator DAPODIK SMP Negeri 4 Metro, Samsul Efendi menyatakan bahwa terdapat tambahan 50 siswa lagi untuk peserta ANBK yang diambil dari peserta didik kelas 7 sedangkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kurang dari 4 hari lagi.

Menanggapi hal tersebut, Bapak kepala Sekolah UKS tingkat Nasional ini, Bapak Sunanto, S.Pd., M.Pd. Mengambil Langkah tegas. Pada Jumat (1, 10) Sekolah ramah anak ini melakukan sosialisai mengenai ANBK Kepada peserta didik dan orang tua Wali. Sosialisasi ANBK Ini berlokasi di Aula Meeting Room SMP Negeri 4 Metro, acara ini diikuti oleh total 100 peserta yangterdiri dari peserta didik danorang tua wali yang terbagi dalam 2 sesi acara.

Sosialisasi ANBK Ini disambut baik oleh oleh orang tua wali, orang tua wali mengusulkan agar anak-anaknya mendapatkan bimbingan teknis dan pembelajaran untuk mengikuti ANBK. Sehingga pada Sabtu (2,10) dilakukan simulasi ANBK di laboratorium Komputer SMP Negeri 4 Metro.

“Kami sudah melakukan yang terbaik, Sosialisasi dan Simulasi ANBK sudah dilakukan. Kami berharap ANBK tahun 2021 yang akan dilakukan pada senin sampai dengan kamis minggu depan dapat berjalan lancar” ujar Bapak Sunanto S.Pd., M.Pd.