oleh Hari Rahmadi

Berbagai penelitian dan riset pendidikan yang telah banyak dilakukan selama pandemi covid-19. Hasil riset tersebut sebagai berikut.

  1. Hasil survei UNICEF pada 18-29 Mei 2020 dan 5-8 Juni 2020 menyatakan 66 persen dari 60 juta peserta didik di Indonesia mengaku tidak nyaman belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 karena merasa kurang memperoleh bimbingan oleh guru selama selama Belajar dari Rumah.
  2. Hasil survei KPAI menyatakan guru tidak interaktif selama Belajar dari Rumah. Sebanyak 79,9 persen responden yang merupakan peserta didik menyatakan bahwa tidak ada interaksi yang diberikan oleh pendidik selama proses Belajar dari Rumah kecuali memberikan dan menagih tugas.

Berdasarkan hasil survei tersebut dapat digeneralisasikan di masa pandemi covid-19 motivasi belajar siswa semakin menurun.

Pusdatin-Kemdikbud memberikan solusi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa yang semakin menurun selama pandemi covid-19. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Rumah belajar dan menerapkan model pembelajaran inovatif belajar dari Rumah. Rumah belajar merupakan media pembelajaran sedangkan model pembelajaran inovatif merupakan Langkah-langkah pembelajaran yang dapat di implementasikan untuk menciptakan pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa di masa pandemi ini.

Portal Rumah belajar merupakan media untuk menciptakan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan. Portal Rumah Belajar adalah portal pembelajaran menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Portal Rumah belajar ini dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara GRATIS, melalui url: https://belajar.kemdikbud.go.id

Terdapat 4 fitur utama pada portal Rumah Belajar. Fitur-fitur tersebutsebgai berikut.  1)Sumber Belajar; 2)Bank Soal; 3)Kelas Maya; 4)Laboratorium Maya. Sumber belajar merupakan Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Bak Soal Merupakan Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Laboratorium Maya merupakan Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Kelas Maya merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. (klik gambar untuk mengunduh modul)

Modul Panduan Belajar dari Rumah dengan Memanfaatkan Rumah Belajar

Dalam rangka mengajak rekan-rekan guru dalam memanfaat Portal Rumah Belajar dan menerapkan model pembelajaran inovatif belajar dari rumah, Saya melakukan penelitian berbasis survei dengan judul “ Analisis Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi dengan Portal Rumah belajar Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh yang Menyenangkan bagi siswa”.

Langkah-langkah pembelajaran Fliped Classrom yang saya lakukan sebagai berikut:


Langkah-langkah pembelajaran Flipped Classroom

Langkah – Langkah pada flipped classroom dikategorikan pada kegiatan sebelum pembelajran, saat pembelajaran dan setelah pembelajaran. Sebelum pembelajaran, saya membimbing siswa untuk mengunduh formulir diskusi, lalu mengarahkan siswa pada fitur sumber belajar dan bank soal dengan topik pembelajaran yang telah Saya pilih. Topik pembelajaran yang saya pilih adalah konten video dan web pada sumber belajar dengan tema perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer dan latihan pada fitur Bank Soal. Siswa melakukan pembelajaran di rumah secara mandiri dengan mengakses Sumber Belajar dan Bank soal tersebut. Mereka menuliskan permasalahan, istilah yang sulit dan pertanyaan di formulir diskusi.


Contoh pengisian formulir diskusi

Saat membelajaran saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya, dan berdiskusi mencari jawaban. Di akhir saya membantu mengkonstruksi pemahaman mereka dengan memberikan jawaban yang paling tepat Setelah pembelajaran saya memberikan tindak lanjut yaitu merangkum hasil diskusi pada saat pembelajaran atau mengerjakan latihan di fitur Bank Soal.

Setelah langkah-langkah model pembelajaran inovatif flipped classroom yang terintegrasi degan fitur sumber belajar dan bank soal diimplementasi dengan baik. Saya mengajak 20 peserta didik menjadi responden dalam mengisi angket pada link bit.ly//SurveiRumbel. Pertanyaan kuisoner dijabarkan dari indikator tanggapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari  rumah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif Flipped Classrom.

Ada 3 aspek yang menjadi indikator portal rumah rumah belajar sebagai media yang menyenangkan bagi siswa.  Aspek tersebut sebagai berikut.

  1. Ease of use merupakan aspek yang menjelaskan kemudahan bagi peserta didik untuk menggunakan Portal Rumah Belajar.
  2. User satisfication merupakan aspek yang menjelaskan kepuasan siswa Ketika menggunakan Portal Rumah Belajar.
  3. Learnability merupakan aspek yang menjelaskan bahwa pengunaan Portal Rumah Belajar meberikan pengetehuan bagi siswa.

Kemudian pada setiap aspek dijabarkan ke dalam 4 kalimat pernyataan atau statement sebagai berikut.

Indikator pada aspek Ease of Use :

  1. Tampilan Sumber Belajar dan Bank Soal sangat user friendly atau mudah didipahami
  2. Saat dapat mengunakan menu atau tombol  navigasi pada fitur Sumber Belajar dan Bank Soal dengan baik.
  3. Saya dapat menemukan bahan pembelajaran yang saya inginkan pada fitur Sumber dan latihan pada fitur Bank Soal.
  4. Saya dapat mengakses fitur Sumber Belajar dan Bank Soal dengan baik melalui  HP atau Komputer.

Indikator pada aspek User Satisfication :

  1. Saya suka mengerjakan latihan di fitur Bank Soal.
  2. Saya menyukai konten video dan web pada fitur Sumber Belajar.
  3. Belajar dengan fitur Sumber Belajar dan Bank Soal sangat menyenangkan.
  4. Saya ingin menggunakan Kembali fitur Sumber Belajar dan Bank soal dari Portal Rumah Belajar

Indikator pada aspek Learnability :

  1. Menggunakan fitur Sumber Belajar dapat membantu saya memahami materi pembelajaran.
  2. Soal latihan pada fitur Bank Soal memacu rasa ingin tahu saya
  3. Saya mendapatkan pengetahuan baru saat mengakses fitur Sumber Belajar dan Bank Soal.
  4. Saya dapat belajar secara mandiri dengan baik menggunakan fitur Sumber Belajar dan Bank soal

Kemudian setiap indikator tesebut yang saya implementasikan sebagai pernyataan pada formulir survei menggunakan google form. Hasil survei pada aspek Ease of Use sebagai berikut.


Hasil survei butir pernyataan 1 dan 2


Hasil survei butir pernyataan 3 dan 4

Dari hasil survei dapat digeneralisasikan bahwa kemudahan penggunaan fitur Sumber Belajar dan Bank Soal sudah sangat layak. Semua responden sangat setuju dan setuju bahwa tampilan fitur mudah dipahami dan dapat melakukan pencarian sumber belajar dan latihan yang mereka inginkan.

Hasil survei pada aspek User Satisfication sebagai berikut.


Hasil survei butir pernyataan 5 dan 6

Hasil survei butir pernyataan 7 dan 8

Dari hasil survei dapat digeneralisasikan bahwa semua responden sangat setuju dan setuju bahwa belajar dengan fitur Sumber Belajar dan mengerjakan latihan di bank soal sangat menyenangkan. sebanyak 60% sangat setuju dan 35% setuju ingin mengunakan kembali fitur Sumber Belajar dan Bank Soal.

Hasil survei pada aspek Learnability sebagai berikut.


Hasil survei butir pernyataan 9 dan 10

Hasil survei butir pernyataan 11 dan 12

Dari hasil survei dapat digeneralisasikan bahwa respon sangat setuju dan setuju bahwa pengunaan fitur Sumber Belajar dan Bank Soal dapat memacu rasa ingin tahu mereka, memberikan mereka pengetahuan baru, dan dapat memfasilitasi mereka untuk belajar mandiri.

Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa Portal Rumah Belajar merupakan alternatif pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan bagi siswa selam masa pandemi ini. Rumah belajar memberikan kemudahan akses dan memiliki tingkat kepuasan yang baik dalam pengunaannya serta dapat memberikan pengetahuan baru siswa. Oleh karena itu diharapkan rekan-rekan guru dapat memanfaatkan Portal Rumah belajar dalam memberikan proses pembelajaran terurtama pada masa pandemic Covid-19.